Oleh: Fathiya Nazihah | 22 Februari 2010

ARTI SAHABAT

Pada suatu hari, 28 Nopember 2009 lalu (bukannya aku inget tanggalnya, tapi karena sms-nya masih kusimpan, hehe), aku dikejutkan oleh sms dari sahabatku, yang isinya, bertanya tentang arti sahabat. Aku terkejut karena yang bertanya ini adalah sahabat lamaku. Kami sudah bersahabat selama sekitar 10 tahun ini. Itu bukan waktu yang sebentar, menurutku. Dalam rentang waktu selama itu, sudah berbagai subtema tentang persahabatan kami bahas, sudah termasuk dengan apa itu sahabat dan persahabatan. Aku heran, kenapa dan untuk apa dia menanyakan hal ‘kecil’ seperti ini lagi.

Sambil menelan heranku, dan berpikir sebentar untuk menyusun kata-kata, sms itu pun kubalas:

Ini pertanyaan siapa?

SAHABAT itu …

Dia yang bukan siapa-siapa, tapi sayang dan peduli sama kita.

Dia yang mungkin tidak selalu ada di samping kita, tapi selalu punya tempat di hati kita.

Dia yang mungkin tidak selalu bisa mengerti kita, tapi pasti mau berusaha mengerti kita.

Dia yang jadi tempat berbagi paling nyaman dan brankas rahasia paling aman.

Dia yang tidak akan sampai hati untuk menyakiti kita.

Dia yang tidak hanya berbagi tawa pada kita, tapi juga tidak ragu untuk menangis bersama kita.

Dia yang hanya dengan menatap sosoknya, walau tanpa bicara, sudah dapat membuat kita lebih tenang.

Dia yang tidak hanya akan mendukung kita, tapi juga tidak akan ragu untuk menampar dan mengingatkan kita jika kita salah melangkah.

Sisanya, cari aja di lagu-lagu dengan tema persahabatan.

=)

Gak biasanya Dian nanya gini. Kaya’ baru punya sahabat aja.

Dian, sahabatku itu bilang, gak apa-apa, cuman lagi pengen tau aja gimana perkembangan kami dalam menyusun kosa kata, hehe …. Trus, dia nanya, pengen tau gak, gimana Teteh mendeskripsikannya? Jelas aku pengen tau, dan gak lama, sms baru pun masuk, forward dari sms Teteh. Isinya gini:

Aku gak pintar mendeskripsikannya.

Mungkin orang-orang yang ingin Kamu bagi cerita se-nggak penting apa pun itu.

Mungkin mereka yang berbagi tawa dan tangis sama Kamu.

Mungkin orang-orang yang ketika mereka muncul di depan pintu di malam buta dengan bebercak darah di bajunya, tetap Kamu persilakan masuk walaupun di belakang sana terdengar sirine polisi berdengung keras.

Satu kata. Keren. Bahasa cerpenis banget. Dari dulu, dari awal kenal dia, sampe sekarang, aku gak bisa berhenti kagum sama caranya dalam merangkai kata-kata menjadi seuntai kalimat yang maknanya dalem, hehehe …. Rasyidah, sohibku tueh! Hehehe …

Gak lama, sms dari Dian yang isinya gak kalah keren pun masuk. Katanya,

Sahabat itu …

MANUSIA TIDAK SEMPURNA yang dengan TULUS saling MENDAMPINGI & BERBAGI dengan kita …

MENDAMPINGI:

Dia ada bahkan dalam ketiadaannya. We feel it.

BERBAGI:

Dia mungkin gak memberikan semua yang dia punya, tapi dia mencoba terima setiap apa yang kita beri …

TULUS:

Gak dibuat-buat …

MANUSIA TIDAK SEMPURNA:

Dia punya KELEBIHAN, KEKURANGAN & KETERBATASAN (waktu, jarak, tenaga, kesabaran, pengertian, dll).

Gimana? Gak kalah keren, kan? Dian tueh, sohibku mulai kecil! Hehehe …

Dulu, memang, karena keterbatasan pemahaman, pengetahuan, dan kemampuan merangkai kata bagi anak SMP, kami cukup sepakat, bahwa sahabat adalah teman saat kita bisa berbagi suka dan duka, menangis dan tertawa bersama, selalu ada saat kita butuhkan. Namun, seiring waktu dan perjalanan yang kami lewati, makna sahabat menjadi lebih dari itu. Secara fisik, dia mungkin tidak akan selalu ada di sisi kita, sosoknya tidak selalu ada dalam jarak pandang kita, suaranya tidak selalu bisa mengisi ruang dengar kita, tapi dia ada, tersimpan baik dalam benak dan hati kita. Ini yang disebut Dian dengan “Dia ada bahkan dalam ketiadaannya”.

Sebenernya, sampai sekarang pun, menurutku, belum ada di antara kami yang benar-benar bisa mendeskripsikannya secara utuh. Entah butuh berapa banyak huruf dan kata untuk menyusunnya sehingga terbentuk makna yang tepat. We never know.

So, itulah pendapat-pendapat kami. Jadi pengen tau, kalo menurut kamu, sahabat itu apa? ^_______^


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: